The Influence of Products, Prices, Places and Promotions on Aqua Mineral Water Purchase Decisions at PT. Viardi Bintang Terang Makassar
DOI:
https://doi.org/10.37476/presed.v2i1.67Keywords:
Product, Price, Promotion, Decision to PurchaseAbstract
This research aims to determine and analyze the influence of product, price, place and promotion on purchasing decisions for Aqua Mineral Water at PT sales agents. Viardi Bintang Terang Makassar. This research approach is a quantitative approach. Research was conducted at the sales agent PT. Viardi Bintang Terang Makassar and will be implemented from June-July 2023. The research population is all sales agents in the PT area. Viardi Bintang Terang Makassar with a sample of 77 agents. The analysis technique used is multiple linear analysis. The results of the research show that there is a partial positive and significant influence between product, price, place and promotion on the decision to purchase Aqua Mineral Water at the sales agent PT. Viardi Bintang Terang Makassar, simultaneously there is a positive and significant influence between Product, Price, Place and Promotion on the Decision to Purchase Aqua Mineral Water at the sales agent PT. Viardi Bintang Terang Makassar. Product is the variable that has the most dominant influence on purchasing decisions
References
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Amanda, Sevrila & Rachmawati, I. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Promotion & Place) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Zee di Kota Bekasi. ISSN: 2355-9357. e-Proceeding of Management: Vol. 3, No. 2, Agustus 2016 (1128). Bekasi.
Amirin, T. M. 2011. Modul 4: Populasi & Sampel Penelitian. Jakarta: UNJ.
Andrianto, H. N., & Idris. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang. Dipenogoro Journal Of Management, 2(3), 1–10.
Anggoro Dwi Kurniawan (2012) : Analisa pengaruh produk, promosi, harga dan tempat terhadap keputusan pembelian. Kedai amarta semarang. Hal 37
Ardiyansyah, M & Rokhmi, S. 2017. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian AMDK Cleo”. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen.Vol. 6, No. 6, Juni 2017. Surabaya.
Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Grafindo PersadaBuyungon Amurang. Productivity. Vol. 2 No. 1, 2021. pp.69-72.Igir, F.G., Tampi
Chairiza. 2012. Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Dewi, M. 2016. “Pengaruh Produk, Harga dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Toko Langsa Ponsel.” Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam 5(1):449-58
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi .Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro
Gunarsih, C.M., Kalangi, J.A.F. dan Tamengkel. 2021. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Pelita Jaya
Hidayat, A. T., Elita, F. M., & Setiaman, A. (2012). Hubungan Antara Atribut Produk Dengan Minat Beli Konsumen. Students E-Journal, 1(1), 19. Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Ejournal/Art icle/View/1241/Pdf
Igir, F.G., Tampi, J.R.E. dan Taroreh, H. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6 No. 2 Tahun 2018. pp. 86-96
Kotler, Phillips. 2011. Manajemen Pemasaran, Analisis, Harga, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Maknunah, L.U dan Apriliyaningsih, R.D. 2020. Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus di Galeri Jenang Kelapa Sari Rejowinangun Blitar). Jurnal Translitera, Vol. 9 No. 2/2020
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi IX (terjemahan), Jilid II. Jakarta: Penerbit Erlangga Jakarta Cetakan XV.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Pelupessy, MM. 2018. Analisis Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Besi Putih di Kota Ambon (studi empiris pada Toko Besi Putih Asli (Khas) Maluku Di Kota Ambon). Jurnal SOSOQ. Vol. 6 No. 1, Februari 2018. p.106-117
Prakoso, H. W., & Iriani, S. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria F150. Journal Of Research In Economics And Management (Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen), 15(2), 262–279
Prastyo, D., & Saino. (2017). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Yoga Tablet Lenovo Di Surabaya. 4(3), 57–71. Http://Marefateadyan.Nashriyat.Ir/Nod e/150
Putra, P Alief & Agustin, S. 2016. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Kawasaki (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya)”. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol 5, No 6, Juni 2016. Surabaya.
Putranto, Agung Tri dan Qiyanto, Aris. 2020. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Transaksi Epulsa ( Studi Kasus Di Indomaret Sudirman Tangerang). Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 3, No. 2, Juli 2020. pp. 1 - 11
Saputra, Hendra. 2013. Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sari, R.M dan Prihartono. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). JIMEA. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). Vol. 5 No. 3, 2021. pp.1171-1184
Sembiring D., Nugraha HS., & Prabawani B. 2014 Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio (Studi Pada Pt. Yamaha Mataram Sakti Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 3 No. 4, p.70-86
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press. Stanton, J William. 2016. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta, CV Tjiptono, F. 2013. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2015. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.Yogyakarta: Andi Offset Adepto. (2013). Metode penetapan harga. Diakses di Sites.google.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Proceeding of Research and Civil Society Desemination
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.